Index Info Gratis  |  Langganan Info Gratis  |  Situs Utama: Kumpulan Info  |  Blog Kumpulan.Info  |  Info Pasang Iklan  |  Hubungi Kami
Kamis, 30 April 2009

Mengatasi Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Kumpulan.Info — Masalah hipertensi atau darah tinggi telah menjadi problem bagi banyak orang. Akibar dari problem ini dimulai dari masalah sakit kepala, stroke, hingga bahkan kematian. Tentu meski banyak orang mengalami tekanan darah tinggi, namun masalah hipertensi ini harus diatasi agar tidak menyebabkan akibat yang fatal seperti kematian.

Tekanan Darah

Saat Anda ke dokter atau rumah sakit, biasanya dokter akan mengukur tekanan darah lalu menyebut dua buah angka, misalnya 120 dan 80 atau sering ditulis 120/80 mmHg. Apa maksud angka tersebut? Angka pertama memaksudkan tekanan saat jantung berdetak yang disebut tekanan sistolik atau tekanan atas. Angka kedua memaksudkan tekanan saat jantung tidak berdetak atau beristirahat. Angka ini disebut tekanan diastolik atau tekanan bawah. Angka apa yang normal?

Kumpulan.Info Highlights
  • Kesehatan: Hipertensi

    Apa penyebab hipertensi? Bagaimana cara mengukur tekanan darah? Serta apa solusi mudah untuk masalah hipertensi?
  • Hobi: Memelihara Anjing

    Apa keuntungan dan kerugian memelihara anjing di rumah? Bagaimana tips memilih anjing untuk dipelihara?
  • Keluarga: Obesitas pada Anak

    Apakah obesitas atau kegemukan pada anak berbahaya? Apa penyebabnya dan bagaimana orang-tua bisa mengatasinya?
  • Internet: Mengatasi E-mail Spam dan Pengganggu

    Bagaimana cara mengatasi dan menghindari banjirnya e-mail spam atau junk mail di kotak surat elektronik Anda?
  • Kuliner: Sate Haji Romli (RSPP)

    Sate yang sudah ada sejak tahun 1960-an di depan RSPP Pertamina. Apa yang unik dan menarik dari Sate RSPP ini?

Untuk orang normal, tekanan darah sistolik antara 90 sampai 120 mmHg dan tekanan diastolik antara 60 hingga 80 mmHg. Jika tekanan darah Anda telah diatas 140/90, maka Anda telah menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi. Lalu apa penyebab tekanan darah tinggi?

Apa yang Menyebabkan Darah Tinggi?

Mengapa seseorang bisa terkena tekanan darah tinggi? Beberapa faktor bisa menyebabkan seseorang menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi. Misalnya faktor usia. Ketika seseorang bertambah tua, maka tekanan darah mereka akan bertambah tinggi. Faktor lainnya adalah keturunan. Memang benar darah tinggi diwariskan dari orang-tua kepada anak. Jika ayah dan ibu menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi, maka kemungkinan besar anak-anak mereka juga akan mewarisi hal serupa.

Faktor penyakit, gaya hidup dan pola makan juga bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Misalnya kolesterol bisa menyebabkan seseorang menderita darah tinggi. Gaya hidup yang cepat di kota besar juga membuat seseorang stres dan bisa meningkatkan tekanan darah dan memicu hipertensi.

Pola makan juga menjadi faktor utama penyebab tekanan darah tinggi. Jika sering minum kopi dan teh secara berlebihan juga akan menyebabkan jantung berdetak lebih cepat sehingga tekanan darah juga akan bertambah tinggi.

Minum minuman yang mengandung alkohol dan merokok juga memiliki efek langsung terhadap tekanan darah yang menyebabkan darah tinggi atau hipertensi. Untuk pria yang menderita hipertensi, jumlah alkohol yang diijinkan maksimal 30 ml alkohol per hari sedangkan wanita 15 ml per hari.

Faktor lain lagi adalah makanan yang mengandung garam. Garam dapat mempercepat peningkatan tekanan darah Anda. Jika Anda sudah menderita tekanan darah tinggi, hindari makanan yang mengandung garam. Garam dapat meningkatkan tekanan darah dengan cepat pada beberapa orang, khususnya bagi penderita diabetes, penderita hipertensi ringan, orang dengan usia tua, dan mereka yang berkulit hitam.

Apalagi yang menjadi faktor penyebab darah tinggi atau hipertensi? Lalu bagaimana cara mencegah agar terhindar dari tekanan darah tinggi? Dan bagaimana cara mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi jika Anda telah menjadi salah satu penderita problem hipertensi? Anda bisa menemukan jawabannya pada artikel kesehatan berikut ini:

KELUARGA & ANAK

Obesitas Pada Anak — Apakah Berbahaya?

Obesitas

Obesitas atau kegemukan pada anak sudah menjadi epidemi di seluruh dunia. Di seluruh dunia ada sekitar 22 juta anak balita yang mengalami kelebihan berat badan. Memang anak yang gemuk atau gendut terlihat lucu dan menggemaskan. Namun, kondisi ini berbahaya untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Apa saja komplikasi yang ditimbulkan dari obesitas ini?

Komplikasi Obesitas

Komplikasi yang diakibatkan oleh obesitas menyebabkan diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung. Antara 30 hingga 40 persen anak yang lahir memiliki risiko mengidap diabetes tipe 2 karena masalah obesitas ini.

Selain itu, obesitas juga membuat tren hipertensi atau tekanan darah tinggi pada anak. Saat ini telah menjadi tren untuk masalah ini terjangkit pada orang usia muda dan bukan penyakit orang yang berumur lagi.

Selain diabetes dan hipertensi, obesitas juga menyebabkan penyakit jantung. Terjadi ledakan kasus penyakit kasdiovaskular di kalangan remaja dan orang dewasa akibat peningkatan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Faktor Penyebab Obesitas

Obesitas bisa disebabkan oleh faktor gen dan hormonal. Namun, dalam kebanyakan kasus, obesitas disebabkan oleh pola makan dan gaya hidup. Jika seorang anak jarang olahraga dan terlalu banyak makan, maka pola hidup seperti ini akan sangat berpengaruh terhadap berat badan. Anak tersebut akan mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.

Makanan cepat saji (fast food) dan softdrinks keduanya sering dijuluki junk food atau makanan sampah. Makanan seperti ini biasanya sangat tinggi kadar lemak dan kadar gulanya. Akibatnya adalah penumpukan kolesterol yang bisa memicu seseorang menderita hipertensi.

Memang obesitas khususnya pada anak meski membuat anak terlihat gemuk menggemaskan namun berbahaya untuk masa depan mereka. Bagaimana cara mengatasi obesitas? Apa peranan orang-tua untuk membantu anak Anda agar tidak mengalami obesitas? Temukan jawabannya pada rubrik keluarga berikut ini:

Anda juga dapat mengunjungi situs web Kumpulan.Info untuk mendapatkan lebih banyak informasi menarik tentang fashion, kecantikan, kesehatan, kuliner, obyek wisata, keluarga, griya, keuangan, hobi, dan teknologi.

INFO KULINER & WISATA

Sate Haji Romli RSPP

Sate merupakan salah satu makanan tradisional dari Indonesia yang telah menjadi salah satu makanan favorit. Salah satu sate yang sering dikunjungi warga Jakarta adalah Sate Haji Romli atau Sate Pak Muri. Sate ini sudah ada sejak tahun 1960-an ini. Gerobak sate dari Sate H Romli terletak persis di depan Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) di Jakarta sehingga sering juga dikenal sebagai Sate RSPP atau Sate Pertamina. Mengapa Sate H Romli memiliki cukup banyak penggemar setia yang bersedia mengantri untuk menikmati seporsi sate kegemaran mereka?
» Baca selengkapnya: Sate Haji Romli RSPP

TIPS KEUANGAN

Advertisement

SMS Valas Realtime

Ingin tahu informasi kurs rupiah saat ini? Caranya mudah:
  • Ketik SMS: KIT KURS Kode
  • Kirim ke 9600
  • SMS balasan akan segera dikirim dengan nilai kurs terkini
  • Contoh #1: KIT KURS USD untuk nilai tukar US Dollar
  • Contoh #2: KIT KURS USD AUD SGD untuk nilai tukar beberapa mata uang sekaligus (maksimum 5 kode)
Kode: USD, AUD, SGD, EUR, dan kode mata uang standar lainnya
Harga per SMS Rp. 1.000,-
 
Fans di Facebook
Bergabunglah dengan Kumpulan.Info di Facebook
 

DAFTAR ARTIKEL TERKINI

 

TENTANG KUMPULAN.INFO

Kumpulan.Info berisi ragam informasi menarik tentang fashion, kecantikan, kesehatan, kuliner, wisata, keluarga, griya, keuangan, hobi, keuangan, dan teknologi.

INFORMASI KONTAK

Untuk informasi pemasangan iklan, artikel dan redaksional:
Copyright ©2010 Kumpulan Info. All Rights Reserved.
Index Info Gratis  |  Langganan Info Gratis  |  Situs Utama: Kumpulan Info  |  Blog Kumpulan.Info  |  Info Pasang Iklan  |  Hubungi Kami