Index Info Gratis  |  Langganan Info Gratis  |  Situs Utama: Kumpulan Info  |  Blog Kumpulan.Info  |  Info Pasang Iklan  |  Hubungi Kami
Jumat, 05 Juni 2009

Berinvestasi Secara Bijak dan Cermat

Kumpulan.Info — Seringkali kita melihat bahwa seseorang yang memiliki penghasilan lebih besar tetapi aset atau hartanya lebih sedikit dibandingkan orang lain yang penghasilannya lebih kecil. Salah satu penyebabnya adalah gaya hidup yang boros dan tanpa perhitungan, sehingga sedikit atau tidak ada bagian yang ditabung. Bila Anda merencanakan untuk menabung, ada beberapa pilihan yang ditawarkan. Atau, Anda dapat pula mempertimbangkan untuk mulai melakukan investasi.

Apa itu investasi? Investasi adalah suatu kegiatan yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi dengan tujuan untuk meningkatkan suatu bentuk aset dengan suatu harapan mendapatkan keuntungan di masa depan. Terkadang, investasi disebut juga sebagai penanaman modal. Namun pada saat mengalami krisis global seperti saat ini, maka yang perlu dipikirkan adalah menjaga aset kita agar tidak habis. Banyak pengelola produk investasi berjatuhan sehingga membuat nasabahnya juga mendapat masalah. Karena itu dalam memilih investasi yang tepat perlu dipikirkan secara cermat dan matang.

Kumpulan.Info Highlights
  • Kesehatan: Apotek Hidup, Tanaman Obat agar Sehat dan Cantik

    Anda dapat membuat sendiri taman atau kebun di belakang rumah dengan tanaman yang bisa menunjang kesehatan tubuh. Tanaman apa saja yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh kita?
  • Keuangan: Pilih Investasi yang Tepat

    Saat ini banyak produk investasi yang ditawarkan. Namun jika tidak berhati-hati dan mempertimbangkan risikonya, kita bisa rugi. Apa saja investasi yang tepat dan risikonya?
  • Rumah: Ranjang yang Nyaman dan Sehat

    Sepertiga kehidupan kita dihabiskan di ranjang. Bagaimana membuat ranjang tetap nyaman dan sehat? Apa tips membeli ranjang yang baik?
  • Kuliner: Espresso, Kopi yang Spesial

    Para penggemar kopi sangat menyukai espresso karena dianggap sebagai esens dari kopi. Bagaimana cara membuat espresso? Apakah espresso berbahaya?
  • Wisata Bali: Goa Gala

    Goa Gala di Pulau Nusa Lembongan, Bali, memiliki keunikan tersendiri. Goa yang dibangun hanya dengan linggis selama 15 tahun ini memang menarik untuk ditelusuri.

Semua produk investasi pasti memiliki risiko. Ada yang sangat menguntungkan namun memiliki risiko investasi yang besar. Ada juga yang keuntungannya tidak terlalu besar namun risiko investasi tidak terlalu besar. Risiko investasi menjadi besar jika kemungkinan untuk gagal cukup besar. Jadi meski investasi dapat menambah penghasilan seseorang namun investasi di sisi lain juga membawa risiko keuangan jika investasi tersebut gagal. Kegagalan investasi bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya faktor keamanan seperti pencurian aset, hukum, kondisi ekonomi dan faktor-faktor lainnya. Berikut ini beberapa bentuk investasi yang sering dicari oleh kebanyakan orang untuk menanamkan modalnya atau mengembangkan asetnya.

  • Tabungan

    Tabungan di sini yaitu menyimpan uang di bank untuk dipergunakan kemudian jika diperlukan. Keuntungan dari tabungan yaitu dapat diambil kapan saja dan tidak memiliki risiko. Namun, tabungan memiliki kerugian meskipun risikonya relatif kecil sekali. Kerugian tabungan adalah uang dapat dengan mudah berkurang, karena dapat diambil kapan saja dengan mudah serta bunga yang kecil. Sifat dari tabungan yaitu investasi jangka pendek.
  • Deposito

    Deposito yaitu menyimpan uang untuk periode tertentu, bila belum jatuh tempo uang tidak dapat diambil atau akan mendapat penalti bila diambil sebelum waktunya. Deposito biasanya memiliki jangka waktu tertentu di mana uang di dalamnya tidak boleh ditarik nasabah. Bunga deposito biasanya lebih tinggi daripada bunga tabungan biasa. Keuntungan dari deposito adalah risiko sangat rendah karena dijamin pemerintah serta bunga yang dapat diterima lebih besar dibandingkan tabungan biasa. Namun kerugiannya yaitu keuntungan atau bunga yang diterima lebih sedikit bila dibandingkan dengan jenis investasi lain yang berhadapan langsung dengan risiko pasar.
  • Saham

    Memiliki saham berarti Anda memiliki kepemilikan dalam suatu perusahaan. Uang yang kita tanamkan dijadikan sebagai modal untuk perusahaan tersebut. Perusahaan akan memberikan keuntungan yang diterima kepada para pemegang saham yang disebut sebagai deviden. Keuntungan dari saham adalah dapat mendatangkan keuntungan yang sangat besar bila harga saham naik. Dengan modal sedikit, dapat diperoleh hasil berkali-kali lipat. Namun saham memiliki risiko yang cukup tinggi. Khususnya jika harga saham turun karena kinerja perusahaan yang buruk maupun karena pengaruh situasi ekonomi bahkan politik dan keamanan negara dan internasional.

Selain ketiga bentuk investasi yang paling sering tersebut, ada juga bentuk investasi lainnya seperti reksadana, obligasi, emas dan properti. Bagaimana risiko, keuntungan dan kerugian dari investasi tersebut? Anda dapat melihat informasi selengkapnya pada artikel berikut:

Anda juga dapat mengunjungi situs web Kumpulan.Info untuk mendapatkan lebih banyak informasi menarik tentang fashion, kecantikan, kesehatan, kuliner, obyek wisata, keluarga, griya, keuangan, hobi, dan teknologi.

INFO KULINER & WISATA

Espresso, Kopi yang Spesial

Espresso menjadi salah satu minuman kopi yang nikmat. Apakah espresso itu? Espresso adalah kopi yang sangat pekat dan dibuat dengan cara menyemprotkan air yang sangat panas dengan tekanan tinggi ke dalam kopi sehingga citarasa khas kopi lebih terasa. Namun karena merupakan kopi yang pekat, apakah espresso berbahaya? Bagaimana dengan kandungan kafein dalam secangkir espresso? Lalu bagaimana dengan kenikmatan espresso?
» Baca selengkapnya: Espresso, Kopi yang Spesial

TIPS KEUANGAN

 

TAHUKAH ANDA?

 

TIPS PRAKTIS

Advertisement

SMS Valas Realtime

Ingin tahu informasi kurs rupiah saat ini? Caranya mudah:
  • Ketik SMS: KIT KURS Kode
  • Kirim ke 9600
  • SMS balasan akan segera dikirim dengan nilai kurs terkini
  • Contoh #1: KIT KURS USD untuk nilai tukar US Dollar
  • Contoh #2: KIT KURS USD AUD SGD untuk nilai tukar beberapa mata uang sekaligus (maksimum 5 kode)
Kode: USD, AUD, SGD, EUR, dan kode mata uang standar lainnya
Harga per SMS Rp. 1.000,-
 
Fans di Facebook
Bergabunglah dengan Kumpulan.Info di Facebook
 

DAFTAR ARTIKEL TERKINI

 

TENTANG KUMPULAN.INFO

Kumpulan.Info berisi ragam informasi menarik tentang fashion, kecantikan, kesehatan, kuliner, wisata, keluarga, griya, keuangan, hobi, keuangan, dan teknologi.

INFORMASI KONTAK

Untuk informasi pemasangan iklan, artikel dan redaksional:
Copyright ©2010 Kumpulan Info. All Rights Reserved.
Index Info Gratis  |  Langganan Info Gratis  |  Situs Utama: Kumpulan Info  |  Blog Kumpulan.Info  |  Info Pasang Iklan  |  Hubungi Kami