Index Info Gratis  |  Langganan Info Gratis  |  Situs Utama: Kumpulan Info  |  Blog Kumpulan.Info  |  Info Pasang Iklan  |  Hubungi Kami
Senin, 22 Juni 2009

Mengatasi dan Mencegah Serangan Jantung

Kumpulan.Info — Setiap tahun, jutaan orang di seluruh dunia mengalami serangan jantung. Serangan jantung membuat panik banyak orang. Baik bagi penderita maupun orang di sekitarnya. Namun, tidak semua serangan jantung mengakibatkan kematian. Tetapi,biasanya setiap pasien yang pernah mengalami serangan jantung menderita beberapa dampak lanjutannya. Dan yang paling fatal adalah ada beberapa orang yang terkena serangan jantung sudah tidak dapat tertolong lagi.

Penyakit Jantung

Jantung adalah sebuah otot dalam tubuh kita yang memompa darah ke seluruh tubuh. Dalam suatu serangan jantung (myocardial infarction), bagian dari otot jantung mati sewaktu tidak mendapatkan darah. Untuk tetap sehat, jantung membutuhkan oksigen dan zat-zat gizi lain yang dibawa oleh darah. Ini didapatkan melalui arteria (pembuluh darah) koroner, yang membungkus bagian luar jantung.

Kumpulan.Info Highlights
  • Kesehatan: Mengatasi Penyakit Jantung

    Anda bisa terhindar dari penyakit jantung. Jika terjadi serangan jantung, Anda juga bisa menyelamatkan kehidupan Anda. Bagaimana caranya?
  • Wisata: Ocean Park BSD

    Saat liburan sekolah, tentu Anda ingin mengajak anak-anak berlibur. Salah satu tempat rekreasi yang dekat di Jakarta adalah Ocean Park BSD, sebuah taman air yang menarik.
  • Fashion: Mengenakan Korsase pada Busana Anda

    Korsase memang menarik untuk dikenakan pada busana Anda. Apa yang harus diperhatikan dan dihindari saat menggunakan korsase pada busana Anda?
  • Keluarga: Pendidikan Anak

    Sebagai orang-tua, kita tentu menginginkan anak memperoleh pendidikan yang terbaik. Apa saja tips yang harus dilakukan oleh orang-tua khususnya saat berhadapan dengan para guru sekolah agar anak mendapat pendidikan terbaik?
  • Kuliner: Jimbaran Bali

    Bagi pencinta sea food, lokasi ini cukup terkenal di Bali, yaitu Jimbaran. Anda bisa menikmati makanan di tepi pantai. Apa yang menarik di sini?

Penyakit jantung yang paling umum terjadi adalah penyakit kronis pada arteria koroner yang disebut aterosklerosis. Sehingga penyakit jantung yang umum dikenal dan paling banyak diderita adalah penyakit jantung koroner atau penyakit arteria koroner. Penyakit ini paling sering menyebabkan serangan jantung pada seseorang yang bisa menyebabkan kematian.

Apa penyebab penyakit jantung koroner? Penyebabnya adalah penyempitan pada pembuluh darah koroner. Pembuluh ini berfungsi untuk menyediakan darah ke otot jantung. Penyempitan disebabkan oleh tumpukan kolesterol atau protein lain yang berasal dari makanan yang masuk dalam tubuh. Akibat penumpukan ini menyebabkan pembuluh darah koroner menjadi kaku. Kekakuan ini disebut sebagai aterosklerosis.

Gejala Penyakit Jantung

Berikut ini gejala yang umum terjadi bagi penderita penyakit jantung yang patut diwaspadai semua orang:

  • Nyeri dada

    Adanya rasa nyeri atau sakit di dada yang disebut sebagai angina. Jangan tertipu dengan menyangka itu hanya gangguan pencernaan biasa, karena banyak orang menyangka seperti itu padahal mereka telah mengalami gangguan pada jantungnya. Selain itu, penderita penyakit jantung akan merasakan dadanya tertekan selama 30 detik atau lebih.
  • Napas tersengal

    Penderita penyakit jantung akan mengalami gejala seperti napas tersengal-sengal dan kelelahan.
  • Keringat dingin

    Salah satu yang perlu diwaspadai jika Anda mulai sering keringat dingin, jantung berdebar, pusing dan sering merasa mau pingsan. Itu merupakan gejala penyakit jantung.
  • Kelelahan

    Beberapa orang mengalami napas tersengal-sengal atau kelelahan dan perasaan lunglai sebagai gejalanya, mengindikasikan bahwa jantung tidak mendapatkan cukup oksigen karena penyumbatan koroner.
  • Serangan jantung ringan

    Biasanya beberapa hari menjelang mengalami serangan jantung hebat, seseorang akan mengalami kontraksi otot secara tiba-tiba di dada yang merupakan serangan kecil atau serangan jantung ringan. Serangan jantung ringan umum terjadi sebelum serangan besar beberapa hari kemudian.

Jika Anda sering mengalami gejala seperti yang disebutkan di atas, jangan abaikan itu. Anda sangat membutuhkan penanganan dini oleh personel medis yang terlatih. Ini dapat menyelamatkan jantung dari kerusakan yang lebih parah dan bahkan dapat menghindari akibat yang lebih fatal seperti kematian.

Setelah mengenali gejala penyakit jantung, sebaiknya Anda membuat upaya untuk menghindari mendapat penyakit jantung. Bagaimana cara mencegah penyakit jantung? Lalu jika Anda atau kerabat Anda terkena serangan jantung, apa yang harus dilakukan? Beberapa tips menarik pada artikel kesehatan berikut ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Anda juga dapat mengunjungi situs web Kumpulan.Info untuk mendapatkan lebih banyak informasi menarik tentang fashion, kecantikan, kesehatan, kuliner, obyek wisata, keluarga, griya, keuangan, hobi, dan teknologi.

INFO KULINER & WISATA

Jimbaran Bali

Sudah tidak asing lagi bagi Anda yang sering berkunjung ke Pulau Bali, mendengar daerah Jimbaran. Ya, daerah Jimbaran sudah sangat terkenal di wilayah selatan pulau dewata karena letaknya yang tidak jauh dari daerah wisata Kuta dan Nusa Dua maupun Bandar Udara Internasional Ngurah Rai. Mengapa daerah ini begitu menarik bagi para pencinta wisata kuliner?
» Baca selengkapnya: Jimbaran Bali

TIPS KEUANGAN

 

TAHUKAH ANDA?

 

TIPS PRAKTIS

Advertisement

SMS Valas Realtime

Ingin tahu informasi kurs rupiah saat ini? Caranya mudah:
  • Ketik SMS: KIT KURS Kode
  • Kirim ke 9600
  • SMS balasan akan segera dikirim dengan nilai kurs terkini
  • Contoh #1: KIT KURS USD untuk nilai tukar US Dollar
  • Contoh #2: KIT KURS USD AUD SGD untuk nilai tukar beberapa mata uang sekaligus (maksimum 5 kode)
Kode: USD, AUD, SGD, EUR, dan kode mata uang standar lainnya
Harga per SMS Rp. 1.000,-
 
Fans di Facebook
Bergabunglah dengan Kumpulan.Info di Facebook
 

DAFTAR ARTIKEL TERKINI

 

TENTANG KUMPULAN.INFO

Kumpulan.Info berisi ragam informasi menarik tentang fashion, kecantikan, kesehatan, kuliner, wisata, keluarga, griya, keuangan, hobi, keuangan, dan teknologi.

INFORMASI KONTAK

Untuk informasi pemasangan iklan, artikel dan redaksional:
Copyright ©2010 Kumpulan Info. All Rights Reserved.
Index Info Gratis  |  Langganan Info Gratis  |  Situs Utama: Kumpulan Info  |  Blog Kumpulan.Info  |  Info Pasang Iklan  |  Hubungi Kami