Index Info Gratis  |  Langganan Info Gratis  |  Situs Utama: Kumpulan Info  |  Blog Kumpulan.Info  |  Info Pasang Iklan  |  Hubungi Kami
Rokok - Mengapa Berbahaya?
Sumber artikel:
Mengapa Berhenti Merokok?

Artikel terkait:
Beberapa penyakit terkait akibat rokok, dapat dibaca di artikel berikut:
Senin, 08 Februari 2010

Rokok - Mengapa Berbahaya?

Kumpulan.InfoRokok merupakan salah satu produk konsumen paling laris di dunia. Para perokok merupakan pembeli yang loyal karena setiap hari selalu membeli rokok. Begitu juga dengan perusahaan rokok memiliki laba yang fantastis.

Indonesia sendiri merupakan salah satu penghasil rokok terbesar di dunia. Jumlah pabrik rokok di Indonesia adalah terbanyak di dunia (sumber: Kompas). Jumlah perokok di Indonesia menduduki peringkat ketiga tertinggi di dunia melebihi Amerika Serikat yang terkenal dengan produsen rokok ternama.

Namun di balik semua fakta yang menakjubkan tersebut, setiap hari, pelanggan-pelanggan terbaiknya tewas satu demi satu! Mereka mengalami kematian dini karena efek negatif dari merokok. Akibat buruk dari merokok memang baru akan dirasakan dalam jangka panjang. Akan tetapi, akibat buruk ini benar-benar merusak kesehatan.

Menurut laporan WHO, merokok pada akhirnya akan membunuh satu dari dua perokok. Demikian juga penelitian Departemen Kesehatan Masyarakat pada Universitas Oxford menunjukkan fakta yang mengerikan, yaitu bahwa setengah dari semua perokok pada akhirnya akan terbunuh oleh kebiasaan mereka. Mengapa rokok bisa menjadi pembunuh yang senyap? Apa saja kandungan sebatang rokok? Lalu apa saja dampak negatif dari merokok?

 

Apa Isi Sebatang Rokok?

  • Nikotin

    Nikotin, karbon monoksida, dan bahan kimia lain yang berbahaya dalam asap rokok memasuki aliran darah seseorang dan menyebabkan banyak masalah kesehatan. Ada berapa banyak kandungan bahan kimia dalam sebatang rokok? Menurut penelitian, lebih dari 700 jenis bahan kimia tambahan kemungkinan digunakan oleh perusahaan rokok. Sedangkan asap rokok mengandung setidaknya 4000 zat termasuk arsenik, aseton, butan, karbon monoksida, dan sianida.

    Oleh karena kandungan zat kimia yang berbahaya tersebut, maka paru-paru perokok dan orang-orang yang berada di dekatnya akan terkena sedikitnya 43 zat yang diketahui menyebabkan kanker. Selain itu, dari 4000 zat kimia tersebut terdapat setidaknya 400 zat kimia beracun dalam sebatang rokok.

    Nikotin merupakan salah satu bahan kimia utama dalam sebatang rokok. Nikotin merupakan zat yang sangat adiktif, yang berarti akan membuat Anda memiliki ketergantungan atau adiksi yang sulit dihentikan. Asap yang mengandung nikotin dihirup ke dalam paru-paru, dan nikotin mencapai otak Anda hanya dalam waktu enam detik.

    Nikotin dalam dosis besar berfungsi sebagai depresan, menghambat aliran sinyal antara sel saraf. Dalam dosis yang lebih besar, itu adalah racun mematikan, yang mempengaruhi jantung, pembuluh darah, dan hormon.

  • Karbon Monoksida

    Saat seseorang mengisap sebatang rokok, sejumlah tar dihirup ke dalam paru-paru. Tar menghasilkan karbon monoksida yang membuat lebih sulit bagi sel darah merah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Tar adalah campuran dari zat-zat yang bersama-sama akan tinggal di paru-paru.

  • Zat berbahaya lainnya

    Arsenik, aseton, butan, karbon monoksida, dan sianida merupakan beberapa di antara zat berbahaya yang terdapat di asap rokok. Sebagian besar bahan kimia dalam asap rokok dihirup tinggal di paru-paru. Semakin banyak Anda menarik napas, rasanya lebih baik dan semakin besar kerusakan pada paru-paru.

 

Mengapa Merokok Berbahaya?

Setelah melihat beberapa zat kimia bahkan yang berbahaya dalam sebatang rokok dan dalam keindahan asap rokok, tentu Anda ingin tahu apa saja akibat dari zat-zat kimia tersebut bagi tubuh Anda? Berikut ini beberapa penyakit yang disebabkan karena rokok.

Kematian seorang perokok akibat penyakit jantung lebih banyak dibanding kematian akibat kanker paru-paru. Bahkan rokok rendah tar atau rendah nikotin tidak akan mengurangi risiko penyakit jantung. Karena beberapa dari rokok-rokok yang menggunakan filter meningkatkan jumlah karbon monoksida yang dihirup, yang membuat rokok tersebut bahkan lebih buruk untuk jantung daripada rokok yang tidak menggunakan filter. Nikotin yang dikandung dalam sebatang rokok bisa membuat jantung Anda berdebar lebih cepat dan meningkatkan kebutuhan tubuh Anda akan oksigen.

Asap rokok dari tembakau mengandung banyak zat kimia penyebab kanker. Asap yang diisap mengandung berbagai zat kimia yang dapat merusak paru-paru. Zat ini dapat memicu terjadinya kanker khususnya pada paru-paru. Kanker paru-paru merupakan kanker yang paling umum yang diakibatkan oleh merokok.

Itu hanyalah beberapa dari penyakit yang diakibatkan karena merokok. Berbagai penyakit pernapasan lainnya sering menyerang para perokok. Menurut statistik, di seluruh dunia, jumlah perokok yang meninggal karena penyakit akibat merokok berjumlah hampir tiga kali jumlah orang yang meninggal karena alkohol dan narkoba. Apakah Anda masih ingin merokok dan merusak kesehatan Anda?

Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut mengenai bahaya merokok pada artikel kesehatan berikut ini:

 

Anda juga dapat mengunjungi situs web Kumpulan.Info untuk mendapatkan lebih banyak informasi menarik tentang fashion, kecantikan, kesehatan, kuliner, obyek wisata, keluarga, griya, keuangan, hobi, dan teknologi.

PHOTO BOX

Kawah Ijen

Kawah Ijen

Kawah Ijen merupakan salah satu kawasan wisata yang dapat Anda kunjungi selama liburan di Jawa Timur. Kawah yang terletak di Gunung Ijen ini merupakan salah satu kawah paling asam yang terbesar di dunia. Di mana lokasi Ijen? Apa yang menarik dari kawah yang bisa dengan cepat melarutkan tubuh manusia?
» Baca selengkapnya: Kawah Ijen

INFO KULINER & WISATA

Monumen Kapal Selam (Monkasel)

Tahukah Anda bahwa Indonesia pernah menjadi salah satu negara dengan militer yang paling ditakuti di Asia? Salah satu peralatan militer yang paling ditakuti pada masa kejayaan tersebut adalah kapal selam. Pada tahun 1962, Indonesia memiliki 12 kapal selam Whiskey Class buatan Uni Soviet. Kapal selam jenis ini adalah salah satu yang terbaik pada masanya. Itu yang menyebabkan Indonesia cukup ditakuti pada masa itu termasuk oleh negara-negara Barat. Anda ingin tahu seperti apa kapal selam yang dimiliki Indonesia? Anda bisa mengunjungi Monumen Kapal Selam.
» Baca selengkapnya: Monumen Kapal Selam (Monkasel)

TIPS KEUANGAN

 

TAHUKAH ANDA?

 

TIPS PRAKTIS

Advertisement

SMS Valas Realtime

Ingin tahu informasi kurs rupiah saat ini? Caranya mudah:
  • Ketik SMS: KIT KURS Kode
  • Kirim ke 9600
  • SMS balasan akan segera dikirim dengan nilai kurs terkini
  • Contoh #1: KIT KURS USD untuk nilai tukar US Dollar
  • Contoh #2: KIT KURS USD AUD SGD untuk nilai tukar beberapa mata uang sekaligus (maksimum 5 kode)
Kode: USD, AUD, SGD, EUR, dan kode mata uang standar lainnya
Harga per SMS Rp. 1.000,-
 
Fans di Facebook
Bergabunglah dengan Kumpulan.Info di Facebook
 

KUMPULAN.INFO HIGHLIGHTS

  • Kesehatan: Mengapa Berhenti Merokok?

    Merokok telah menjadi gaya hidup banyak orang. Namun kebiasaan ini berbahaya untuk kesehatan. Apa saja bahayanya? Bagaimana dengan perokok pasif?
  • Trend: Mengenal Susu Fermentasi, Yoghurt

    Yoghurt telah menjadi minuman yang digemari dan terbukti sehat. Beberapa variasi yoghurt seperti frozen yoghurt atau froyo juga menjadi trend belakangan ini.
  • Teknologi: Etika Menggunakan Ponsel

    Ponsel telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Namun menggunakan ponsel secara sembarangan dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Mengapa? Bagaimana etika yang benar menggunakan ponsel?
  • Kecantikan: Cantik Namun Hemat

    Untuk tampil cantik tidak perlu menghabiskan banyak uang. Berikut ini beberapa tips tampil cantik namun tetap hemat secara keuangan.
  • Anak: Permainan Anak Tradisional

    Masih ingatkah Anda dengan permainan seperti congklak, petak umpet, petak benteng, gobak sodor? Coba kita lihat bagaimana permainan ini begitu menarik dan bermanfaat.
  • Wisata Kota: Kebun Binatang Surabaya

    Kebun binatang tertua di Asia Tenggara dan di Indonesia ini masih menarik untuk dikunjungi. Berbagai koleksi binatang yang ada dan lokasi yang strategis di Surabaya membuat kebun binatang ini masih ramai dikunjungi.
 

DAFTAR ARTIKEL TERKINI

 

TENTANG KUMPULAN.INFO

Kumpulan.Info berisi ragam informasi menarik tentang fashion, kecantikan, kesehatan, kuliner, wisata, keluarga, griya, keuangan, hobi, keuangan, dan teknologi.

INFORMASI KONTAK

Untuk informasi pemasangan iklan, artikel dan redaksional:
Copyright ©2010 Kumpulan Info. All Rights Reserved.
Index Info Gratis  |  Langganan Info Gratis  |  Situs Utama: Kumpulan Info  |  Blog Kumpulan.Info  |  Info Pasang Iklan  |  Hubungi Kami